Proporsi Rumah yang Tepat: Trik Perdagangan

Proporsi Rumah yang Tepat: Trik Perdagangan

Jika Anda seorang pecandu rumah seperti saya, menonton acara di rumah, membaca majalah rumah, dan melihat rumah ke mana pun Anda pergi, maka Anda telah melihat rumah yang bagus dan rumah yang tidak begitu bagus. Anda telah melihat rumah menawan yang tampak sempurna; Anda telah melihat rumah yang tampaknya “lengkap” – seperti tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk menjadikannya lebih baik. Mereka sering yang dengan proporsi rumah yang tepat.

Dan Anda telah melihat rumah yang terlihat sedikit … mati. Rumah yang terlihat seperti sesuatu yang hilang, atau seperti sesuatu yang tidak berada di tempat yang tepat. Mungkin atapnya tampak agak terlalu tinggi, mungkin jendelanya agak terlalu lebar.

Dan mungkin Anda bertanya-tanya – apakah ada cara yang dicoba dan benar untuk membantu memastikan bahwa desain rumah akan terlihat “tepat”?

Memang ada, dan salah satunya adalah mendesain menggunakan proporsi yang benar.

Matematika bukanlah mata pelajaran saya yang paling kuat di sekolah, tetapi saya selalu memiliki ketertarikan dengan geometri. Yang berhasil baik bagi saya, karena geometri dasar adalah salah satu kunci untuk proporsi rumah yang baik (dan tidak melibatkan kalkulus).

Selama berabad-abad, Jasa Arsitek telah menggunakan geometri untuk mengatur proporsi bangunan mereka dengan cara yang berbeda – tetapi hampir semua orang, dari Le Corbusier hingga Michael Graves, telah menggunakan semacam skema pengorganisasian proporsional dalam pekerjaan mereka.

Bahkan, kerangka geometri yang kuat adalah dasar dari bangunan-bangunan besar yang sedang berjalan, jalan kembali ke hari-hari awal peradaban Barat.

Tapi kembali ke rumahmu.

Mari kita pilih gaya rumah sederhana yang mudah seperti Kolonial Kebangkitan Georgia untuk digunakan. Ini adalah gaya yang awalnya dibawa ke Amerika oleh penjajah Inggris selama masa pemerintahan – Anda dapat menebaknya – Raja George I hingga IV, dan dicirikan oleh massa simetris sederhana.

Sketsa cepat yang sering dibuat jasa arsitek itu adalah upaya desain Kolonial Georgia dasar – tidak terlalu mengerikan, tetapi bagi mata saya, ada banyak yang salah dengan itu – sebagian besar berkaitan dengan proporsi. Antara lain, atapnya terlalu tinggi, dan jendelanya terlalu “jongkok” – terlalu lebar untuk tinggi badan mereka.

Untungnya, kedua masalah ini sangat mudah diperbaiki untuk terlihat tepat.

Dalam sketsa ini, saya menggambar garis radius sederhana, mulai dari bagian tengah bawah rumah dan berakhir di tepi atap. Bagian atas segmen yang menghasilkan radius menetapkan ketinggian atap yang tepat. Selesai!

Saya juga menggambar garis yang menghubungkan sudut-sudut berlawanan dari kotak besar yang dibentuk oleh fasad utama. Ini adalah garis proporsi utama kami, dan kami akan menggunakannya untuk secara proporsional mengukur persegi panjang lainnya di fasad – dalam hal ini, jendela.

Kita akan mengubah persegi panjang besar itu 90 derajat agar sesuai dengan orientasi jendela, lalu gambar garis miring yang sama dari salah satu sudut atas setiap jendela. Hasilnya adalah proporsi jendela (lebar ke tinggi) yang sesuai dengan proporsi persegi panjang utama rumah.

Menerapkan kedua strategi proporsi ini ke desain asli, kita berakhir dengan ini:

Jauh lebih baik! Saya telah menyederhanakan prosesnya sedikit, dan masih banyak yang harus dilakukan untuk mendapatkan desain dasar ini sepenuhnya benar. Tetapi kami berada di jalur yang benar menuju rumah yang terlihat tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *